Menyentuh Hati! 11 Wasiat Syekh Ali Jaber Sebelum Meninggal Dunia, Ingin Dimakamkan DiLombok Hingga Berbakti Kepada Orang Tua yang Meninggal

Menyentuh Hati! 11 Wasiat Syekh Ali Jaber Sebelum Meninggal Dunia, Ingin Dimakamkan DiLombok Hingga Berbakti Kepada Orang Tua yang Meninggal

Kamis, 14 Januari 2021

Infodikbud.com -   Ulama dan hafiz Alquran Syekh Ali Jaber meninggal dunia, di usia 44 tahun, Kamis, 14 Januari 2021 pagi WIB.


Kabar Syekh Ali Jaber meninggal dunia, dikonfirmasi Yayasan Syekh Ali Jaber dalam akun Instagramnya, @yayasan.syekhalijaber.


"Telah wafat guru kita, Syekh Ali Jaber (Ali Saleh Mohammed Ali Jaber) di RS Yarsi Hari ini, 14 Januari 2021/1 Jumadil Akhir 1442 H Jam 08.30 WIB dalam keadaan negatif COVID-19,” demikian keterangan yayasan.


Baca Juga: Gus Miftah Terpukul atas Wafatnya Syekh Ali Jaber: Kami Masih Mengharapkan Ilmu yang Sejuk Darimu


Ketua Yayasan Syekh Ali Jaber Habib Abdurrahman Alhabsyi, dalam akun yang sama pun memohon untuk mengikhlaskan wafatnya Syekh Ali Jaber dan memohon maaf segala kesalahan semasa hidup.


"Kita ikhlaskan kepulangan beliau kepada Rabbnya. Mohon dimaafkan segala kesalahan beliau. Semoga diterima segala amal shaleh beliau," katanya.


Kabar burung Syekh Ali Jaber meninggal sudah tersiar sejak pekan lalu, apalagi ketika beredar foto almarhum dengan ventilator berbaring di ranjang perawatan.


Namun, kala itu keluarga menepis hoaks, dan kondisinya masih dirawat akibat terpapar Covid-19.


Syekh Ali Jaber merupakan sosok karismatik, yang dihormati di Indonesia dan dunia.


Ia pernah menjadi Imam Masjid Madinah, dan ke Indonesia untuk syiar. Berikut ini kumpulan quotes terkenal dari almarhum Syekh Ali Jaber.


1. Pesan untuk penusuknya


"Saya orangnya netral, tidak pernah menimbulkan permusuhan, tidak pernah saya punya perasaan tidak enak sama orang atau apalagi menyakiti orang lain, selalu saya berusaha menjaga," ucapnya, sesaat setelah ditusuk oleh AA, pria di Bandar Lampung, 13 Agustus 2020.


Seorang pria mengenakan kaus Timnas Belanda tiba-tiba naik ke panggung dan mengayunkan benda yang diduga pisau pada Ustaz Syekh Ali Jaber.


"Pesan saya kepada AA, semoga kamu kembali sehat, bisa lekas dari luka-luka dan saya minta maaf karena kejadian sampai terlihat lukanya yang cukup serius. Saya minta maaf karena di saat yang sama saya tidak bisa membelamu sepenuhnya, saya tidak bisa datang," kata Syekh Ali Jaber.


2. Pemuda Indonesia harusnya mencontoh Akbar


 "(Akbar) jalan kaki berpuluh kilo, tapi masih bisa jaga salat, baca Alquran. Bahkan, ketika dia lapar dan belum kecukupan makanan, dia ganti untuk menutupi kelaparannya, fokus mengaji. Setelah itu dia merasa kenyang. Ini luar biasa dan harus dibangkitkan kepada pemuda-pemudi Indonesia," kata Ali Jaber saat mengangkat Akbar, pemulung viral pembaca Alquran, sebagai anaknya.


3. Tentang jilbab 


“Jangan pandangi wanita yang belum berjilbab, jangan pandangi dia buruk. Barangkali dia punya dua rakaat tahajud di sisi Allah. Bisa menyebabkan terampuni semua dosanya,” ucapnya saat menjadi narasumber di Podcast Deddy Corbuzier didampingi Gus Miftah.


 4. Memaafkan orang zalim


“Jangan karena amarah kita, membuat kita dari posisi dizalimi menjadi orang zalim. Kenapa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa salam melarang jangan marah. Karena gak mungkin kita balas sesuai dengan sama apa yang dilakukan orang... kalau tidak bisa membalas sesuai, tidak berlebih-lebihan, diamkan. Lebih baik lagi sabar. Lebih baik lagi ikhlaskan. Lebih sempurna lagi maafkan,” katanya di Okay Boss Trans 7 September 2020.


5. Ingin dimakamkan di Lombok


"Hubungan saya dengan Lombok bahkan saya bercita-cita Ya Allah walaupun saya memilih, memohon meninggal di Madinah. Kalau saya ditetapkan meninggal di Indonesia, mohon saya mau dimakamkan di Lombok. Lombok termasuk pulau kesayangan saya,” ujarnya seperti dilansir Jurnal Presisi.***


Kabar tersebut mula-mula disampaikan oleh akun Instagram yayasan.syekhalijaber dan juga Yusuf Mansur melalui akun media sosialnya.


“Benar Syekh Ali jaber wafat, pada 08.30 WIB, sudah dalam keadaan negatif Covid, di RS. Yarsi, Cempaka Putih, Jakarta”, tulis Yusuf Mansur.


Semua tahu bahwa Syekh Ali Jaber merupakan seorang yang alim dan saleh yang memiliki akhlak mulia yang patut dicontoh dalam kehidupan kita. Selain itu, beliau kerap kali menyampaikan nasihat-nasihat atau kata-kata hikmah yang mendalam dan penuh makna dalam berbagai kesempatannya.


Berikut ini beberapa nasihat atau kata-kata hikmah dari Syekh Ali Jaber yang patut kita renungi dan pelajari, yakni:


Kedua, “Kalau membiarkan nafsu kita begitu saja, nafsu lebih cenderung ke sifat pemalas dan sifat tidak mau beribadah kepada Allah SWT. Karena nafsu mengajak kita pada keburukan”.


Ketiga, “Pelaku tidak gila. Ia begitu cepat dan kuat untuk menancapkan pisau, ada upaya menancapkan kembali, berhubung patah, ia berupaya kabur”.


Keempat, “Kebutuhan manusia terhadap hidayah melebihi kebutuhan makan dan minum”.


Kelima, “Berbakti kepada orang tua yang meninggal dapat dilakukan dengan cara bersedekah atas nama orang tua dan mendoakan ampunan baik mereka”.


Keenam, “Keutamaan surah Al-Fatihah, apapun yang diminta akan Allah berikan”.


Ketujuh, “Ujian merupakan wujud kasih sayang Allah”.


Kedelapan, “Prasangka buruk adalah seburuk-buruknya penyakit”.


Kesembilan, “Tabungan akhirat: Dengarkan, Amalkan, Sampaikan”.


Kesepuluh, “Kalau urusan sama orang, jangan menghakimi orang. Jangan pandangi wanita yang belum berjilbab, jangan pandangi dia buruk. Barangkali dia punya dua rakaat tahajud di sisi Allah, bisa menyebabkan terampuni semua dosanya”.


Kesebelas, “Kita tidak tahu apa urusan manusia sama Allah. Masing-masing punya rahasia sama Allah. Punya sesuatu kebaikan sama Allah yang barangkali tidak ada manusia lain yang tahu. Bisa jadi sebab kebaikan itu antar dia sama Allah, bisa menyebabkan terampuni semua dosanya”.


Demikianlah beberapa nasihat atau kata-kata hikmah dari Syekh Ali Jaber. Semoga beliau husnul khatimah serta mendapat ampunan dan limpahan rahmat juga rida-Nya Allah SWT. Amin. []

Demikian info yang dapat kami sampaikan.