Belajar dari Rumah Diperpanjang Hingga 25 Juli, Siswa Baru Kenal Sekolah Lewat Daring

Belajar dari Rumah Diperpanjang Hingga 25 Juli, Siswa Baru Kenal Sekolah Lewat Daring

Selasa, 14 Juli 2020

Dampak Covid-19, Belajar di Rumah Diperpanjang Hingga Akhir Bulan

Infodikbud.com -  Masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) digelar secara daring atau online, 13 hingga 15 Juli 2020, mendatang. Menurut Sekretaris Dinas Pendidikan Sulsel, Hery Sumiharto, efek pandemi COVID-19 yang belum reda menjadi alasan sekolah tatap muka belum dibuka, bahkan bagi para siswa baru.

"Iya, MPLS sudah mulai hari ini seluruh SMA dan SMK, dan tahun ajaran baru juga," sebut Hery kepada SINDOnews. Dia melanjutkan, hingga saat ini skenario sekolah tatap muka belum dimungkinkan. Baca : Siswa SD hingga SMA Masih Belajar dari Rumah Sampai 4 Juli 2020

"Semua masih melalui online dan rencana sekolah buka, beum ada," tegasnya. Apalagi kebijakan ini menyusul adanya perpanjangan masa belajar yang masih dilakukan di rumah berdasarkan ketetapan Gubernur Sulsel.

Berdasarkan surat edaran bernomor: 443.2/4253/Disdik, perpanjangan masa belajar di rumah bagi semua jenjang pendidikan baik SD/SMP/SMA/SMK se-Sulsel, dilakukan mulai 13 Juli hingga 25 Juli 2020. "Ini edaran tahap kesembilan dari gubernur tentang belajar dari rumah," tandas Hery.

MPLS sebagai ajang bagi peserta didik baru yang telah lulus melalui seleksi penerimaan peserta didik baru (PPDB) sebelumnya. Diketahui seluruh tahapan PPDB tingkat SMA/SMK/SLB se-Sulsel telah berakhir sejak pekan lalu.

Kebijakan perpanjangan masa belajar dari rumah tidak hanya berlaku bagi jenjang pendidikan dasar hingga menengah. Namun juga bagi seluruh perguruan tinggi di Sulsel. Baca Juga : Masa Belajar Siswa dari Rumah di Tana Toraja Diperpanjang hingga 1 Agustus

"Perpanjangan masa kuliah/belajar di rumah dan juga tidak diperbolehkan berada di lingkunhan kampus dan sekolah termasuk di dalamnya asrama bagi yang berstatus boarding school dari tanggal 13 Juli sampai dengan 25 Juli 2020," kata Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah lewat surat edarannya.

Perpanjangan masa belajar di rumah dan kampus, masih akan dievaluasi lebih lanjut yang disesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19 di Sulsel. "Proses belajar mengajar di kampus dan sekolah akan disampaikan kemudian hari dengan pemberitahuan resmi dari Pemprov Sulsel," tandasnya. (Sumber : sindonews)