Para Mahasiswa Simak, Tidak Semua Materi Perkuliahan Dilakukan Daring, Mendikbud Siapkan Ini

Para Mahasiswa Simak, Tidak Semua Materi Perkuliahan Dilakukan Daring, Mendikbud Siapkan Ini

Kamis, 25 Juni 2020

Muhammadiyah Kecewa Berat soal Nadiem jadi Mendikbud Jokowi

Infodikbud.com -  Tidak semua materi perkuliahan bisa dilakukan secara daring. Sejumlah materi kuliah hanya dapat dilakukan melalui perkualiahan secara langsung.

Hal tersebut diungkapkan oleh Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Nizam. Menurutnya Kemendikbud telah menyiapkan protokol kesehatan untuk perkuliahan secara langsung agar lingkungan kampus terlindungi dari Covid-19.

“Kita juga menyiapkan berbagai protokol untuk memastikan pembelajaran yang tidak mungkin digantikan dengan daring. Misalnya untuk yang sedang tugas akhir, baik itu skripsi, tesis, disertasi, penelitian itu tidak bisa dilakukan dengan daring,” ucap Nizam Rabu (24/6/2020).

Dikutip dari Tribunnews.com, lanjutnya, saat ini Mendikbud mengkaji pembuatan protokol kesehatan untuk kegiatan perkuliahan di laboratorium, workshop, dan bengkel.

“Panduan sudah kami exercise beberapa kali dengan para ahli kesehatan. Nanti dalam waktu dekat segera kita rilis bagaimana membuka laboratorium, bengkel, workshop, dan sebagainya,” pungkas Nizam.

Seperti diketahui, Mendikbud Nadiem Makarim mengeluarkan kebijakan bahwa proses perkuliahan untuk jenjang perguruan tinggi masih digelar secara daring.

Kebijakan ini diterapkan karena jenjang perguruan tinggi mempunyai potensi mengadopsi pembelajaran jarak jauh yang lebih mudah dibanding pendidikan menengah dan dasar.